Sunday, June 6, 2010

DESA SIAGA PUSKESMAS CIBADAK 2010


Program Pengembangan Desa Siaga , adalah program yang sangat mendapat perhatian Puskesmas Cibadak saat ini. Ini dapat dilihat dari visi Puskesmas Cibadak “ Puskesmas 100 % Desa Siaga Paripurna Tahun 2011” dengan Misi ” Memandirikan Masyarakat Untuk Hidup Sehat”

Desa Siaga adalah suatu kondisi masyarakat tingkat desa yang memiliki sumber daya potensial dan kemampuan mengatasi masalah – masalah kesehatan , bencana, kegawat daruratan kesehatan secara mandiri. Kata mandiri sangat ditekankan, mengingat saat ini tingkat kemandirian masyarakat untuk hidup sehat masih kurang.

Ada 4 pilar kegiatan Desa Siaga yaitu :

1. Gotong Royong / Kerja Bakti , misalnya : Pemberantasan Sarang Nyamuk dan pembuatan Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL)

2. Surveilans penyakit, misalnya : Juru Pemantau Jentik ( Jumantik ) untuk mencegah timbulnya kasus DBD.

3. Upaya Pelayanan Kesehatan Dasar sebagai tempat pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan kesehatan sesuai kewenangan, misalnya : Poskesdes, Pos Manling

4. Pembiayaan Kesehatan dari masyarakat – oleh masyarakat – untuk masyarakat, misalnya : Dana sehat dan jimpitan

Ada 4 masalah Kesehatan yang masih terjadi di wilayah kerja Puskesmas Cibadak yaitu :

1. Kematian bayi

2. Adanya kematian ibu

3. Balita gizi buruk / kurang

4. Kasus penyakit yang ditularkan oleh nyamuk

LANGKAH –LANGKAH PENGEMBANGAN DESA SIAGA :

1.Pertemuan Tingkat Desa, yang merupakan langkah awal dari kegiatan desa siaga , sudah dilaksanakan bulan Maret 2009 di seluruh wilayah kerja Puskesmas Cibadak.

2. SMD (Survey Mawas Diri ), yang merupakan kegiatan pengenalan pengumpulan , pengkajian masalah kesehatan oleh sekelompok masyarakat setempat dibawah arahan petugas promkes/Bidan.Telah dilaksanakan pada bulan April – Mei 2009 dengan dana Bansos.

3. MMD ( Musyawarah Masyarakat Desa ) Ialah pertemuan seluruh warga desa membahas hasil SMD dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Telah dilaksanakan pada bulan Juni 2009 – April 2010

4.Pelatihan Kader, yang merupakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan kader agar mampu dan berperan serta dalam mengembangkan desa siaga dan Pelayanan Kesehatan Dasar.

Tujuan akhir dari Desa Siaga : Memandirikan masyarakat dalam bidang kesehatan, yang pada akhirnya nanti akan didapat masyarakat yang sehat, sehingga berdampak pada sehatnya ekonomi keluarga ( Dengan sehat, tidak ada uang yang dikeluarkan untuk berobat ]

Untuk mewujudkan tujauan ini maka diterapkan strategi sebagai berikut :
1. Penggalangan komitmen Visi dan Misi desa siaga.
2. Penggerakan peran serta masyarakat (PSM)
3. Pengembangan potensi sumber daya masyarakat.
4. Pembinaan lintas program dan dan lintas sektor

Setiap Triwulan Puskesmas Cibadak mengadakan evaluasi / pembinaan desa siaga dengan mengundang Kepala Desa, Ketua BPD dan Ketua Desa Siaga.

No comments:

Post a Comment